Terms and Conditions
Selamat datang di Aplikasi TOPAY
Terima kasih telah mengunduh Aplikasi TOPAY.
Syarat dan Ketentuan ini mengatur hal-hal terkait pendaftaran sebagai pengguna layanan kami (PT. Genezis Mitra Technology), penyediaan layanan uang elektronik, dan berbagai ketentuan lain yang berhubungan dengan penggunaan Aplikasi TOPAY. Untuk kejelasan dan kepastian, Syarat dan Ketentuan ini berlaku sebagai perjanjian antara Anda dan Kami ("Syarat dan Ketentuan").
Persetujuan
Dengan mengunduh, mengakses, melakukan pendaftaran untuk menjadi pengguna layanan Kami, menggunakan Aplikasi TOPAY, atau menggunakan layanan-layanan Kami berarti Anda menyatakan dan mengakui bahwa Anda telah membaca, mempelajari, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini juga berlaku atas penggunaan layanan-layanan uang elektronik Kami melalui website dan/atau aplikasi pihak ketiga.
Definisi
Kecuali ditentukan lain secara tegas dalam Syarat dan Ketentuan ini, istilah-istilah yang diawali dengan huruf besar dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki pengertian-pengertian sebagai berikut:
- "Anda" adalah pihak yang merupakan Pengguna TOPAY ataupun pihak yang sedang melakukan pendaftaran untuk menjadi Pengguna TOPAY.
- "Aplikasi TOPAY" adalah mobile application yang dikelola oleh Kami (PT. Genezis Mitra Technology) yang digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY.
- "Platform Partner" adalah website dan/atau mobile application yang dikelola oleh mitra-mitra yang bekerja sama dengan Kami, yang dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY, baik secara sebagian atau keseluruhan.
- "Kami" atau "TOPAY" adalah PT. Genezis Mitra Technology yang merupakan penerbit uang elektronik berbasis server yaitu TOPAY.
- "Layanan TOPAY" adalah layanan uang elektronik yang Kami sediakan sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang berlaku mengenai penyelenggaraan uang elektronik, serta layanan lainnya yang Kami sediakan di luar layanan uang elektronik.
- "Media Komunikasi" adalah media yang digunakan dalam penyampaian informasi secara privat, yaitu: panggilan telepon, SMS, atau email, ke kontak Pengguna TOPAY yang telah didaftarkan kepada Kami.
- "Media Publikasi" adalah media yang digunakan dalam penyampaian informasi secara publik, yaitu: publikasi pada website atau media sosial resmi TOPAY.
- "Merchant" adalah penyedia barang dan/atau jasa yang dapat menerima transaksi pembayaran dengan TOPAY, baik melalui kerja sama langsung dengan Kami, melalui mitra resmi Kami, atau cara-cara lain yang diperbolehkan menurut hukum yang berlaku. Termasuk di dalamnya adalah Penyedia Produk Berlangganan dan Penyedia Produk Keuangan.
- "Prinsip Kehati-hatian" adalah seluruh upaya dan tindakan yang wajib dilakukan untuk mencegah risiko keamanan dalam penggunaan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan/atau Produk Lainnya, sesuai dengan ketentuan pada BAB Risiko Penggunaan.
- "Produk Lainnya" adalah barang dan/atau jasa selain Layanan TOPAY yang dapat dibeli melalui Aplikasi TOPAY, yang disediakan oleh pihak ketiga yang merupakan mitra Kami atau pihak yang bekerja sama dengan mitra Kami.
- "Produk Keuangan" adalah Produk Lainnya yang merupakan produk keuangan, yaitu: asuransi, pinjaman, dan produk keuangan lainnya yang tersedia dan dapat diakses melalui Aplikasi TOPAY di kemudian hari.
-
"Tindakan Penyalahgunaan" adalah satu atau lebih dari tindakan berikut:
- Pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini.
- Pelanggaran atas hukum yang berlaku, termasuk penipuan, penggelapan, pencucian uang, pendanaan terorisme, prostitusi, pornografi, perjudian, dan lainnya yang merugikan pihak manapun.
- Tindakan yang merugikan Kami, Pengguna lain, Merchant, afiliasi Kami, atau mitra Kami.
- Tindakan yang dilakukan secara abusif, palsu, atau fiktif untuk keuntungan pribadi.
- Tindakan seperti meretas, mengelabui, menipu, atau memanipulasi Aplikasi TOPAY, Layanan, atau sistem Kami maupun sistem mitra Kami.
A. KETENTUAN PENDAFTARAN
-
Kanal Pendaftaran:
Untuk dapat mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY, Anda harus terlebih
dahulu melakukan pendaftaran untuk menjadi Pengguna TOPAY. Pendaftaran
sebagaimana dimaksud dapat Anda lakukan melalui kanal pendaftaran resmi
Kami, yaitu:
- Aplikasi TOPAY;
- Platform Partner yang kami tentukan untuk dapat bertindak sebagai kanal pendaftaran elektronik resmi Kami; dan
- kanal pendaftaran resmi Kami lainnya sebagaimana Kami sediakan dan informasikan kepada Anda di kemudian hari.
-
TOPAY Member (Unregistered E-Money)
- TOPAY adalah klasifikasi akun Pengguna TOPAY yang merupakan pengguna uang elektronik unregistered sebagaimana diatur dalam Peraturan Bank Indonesia yang mengatur mengenai penyelenggaraan uang elektronik.
- Jika Anda berhasil melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor ponsel dan alamat email maka Anda akan langsung menjadi Pengguna TOPAY dengan klasifikasi akun TOPAY Member.
-
Pengguna TOPAY dengan klasifikasi TOPAY Member dapat
menggunakan beberapa layanan uang elektronik secara terbatas,
yaitu:
- akun Anda dapat menampung saldo TOPAY dengan batas maksimum Rp2.000.000,- (dua juta Rupiah), batas maksimum tersebut dapat berubah sewaktu-waktu dan secara otomatis mengikuti perubahan dan/atau pemberlakuan ketentuan Bank Indonesia;
- akun Anda dapat menerima pengisian saldo TOPAY (top-up) dengan mengacu pada batasan yang dimaksud dalam poin (a) di atas; dan
- layanan pemrosesan transaksi pembayaran untuk pembelian barang dan/atau jasa atau untuk pembayaran tagihan.
-
Pendaftaran (TOPAY Member):
- Untuk dapat melakukan pendaftaran Anda harus merupakan individu yang cakap secara hukum berdasarkan hukum Republik Indonesia untuk melakukan tindakan-tindakan hukum, yaitu; Anda harus berusia minimal 21 (dua puluh satu tahun), atau sudah menikah, dan tidak sedang berada di bawah pengampuan.
- Jika Anda melakukan pendaftaran padahal Anda bukan merupakan individu yang cakap secara hukum sebagaimana dimaksud dalam huruf a di atas ini maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa pendaftaran Anda telah disetujui oleh orang tua, wali, atau pengampu Anda yang sah.
- Pada saat melakukan pendaftaran Anda wajib memasukan nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif, valid, dan akurat serta belum pernah didaftarkan sebelumnya kepada Kami, ke Aplikasi TOPAY atau Platform Partner yang merupakan kanal pendaftaran elektronik resmi Kami.
- Anda wajib untuk memasukan kode one-time password ("OTP") yang Kami kirimkan kepada Anda melalui layanan pesan singkat (Short Messaging Service / SMS) ke nomor ponsel yang dimaksud dalam huruf c di atas dan Anda wajib untuk membuat Security Code berupa 6 (enam) digit angka yang tidak boleh dibuat secara berurutan atau berulang ("Security Code").
- Kode OTP dan Security Code merupakan kode rahasia yang digunakan untuk mengakses akun Anda dan memanfaatkan Layanan TOPAY. Oleh karena itu, Anda wajib untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan Security Code. Demi keamanan akun Anda, mohon untuk tidak membagikan, menginformasikan, atau mengungkapkan kode OTP ataupun Security Code kepada pihak manapun termasuk petugas TOPAY, customer service, dll.
- Untuk kejelasan terkait pendaftaran (sign up), 1 (satu) Pengguna hanya dapat melakukan pendaftaran (sign up) untuk 1 (satu) akun dan 1 (satu) nomor ponsel hanya dapat digunakan untuk pendaftaran (sign up) satu kali.
-
Nomor Ponsel dan Email:
- Perlu diketahui bahwa akun Pengguna TOPAY Anda didasarkan pada nomor ponsel yang Anda daftarkan kepada Kami pada saat pendaftaran. Nomor ponsel Anda dibutuhkan untuk pengaksesan akun, pengiriman kode OTP, pelaksanaan transaksi pembayaran, pelaksanaan pengisian saldo TOPAY (top-up), komunikasi, dan pengiriman informasi-informasi penting lainnya.
- Kami juga meminta Anda untuk mendaftarkan alamat email Anda kepada Kami untuk tujuan penyediaan informasi-informasi penting lainnya terkait Aplikasi TOPAY.
- Anda wajib untuk memperbarui nomor ponsel dan/atau alamat email pada Aplikasi TOPAY Anda dengan segera, apabila Anda mengganti nomor ponsel dan/atau alamat email Anda agar Kami dapat memperbarui informasi kontak-kontak Anda dalam sistem Kami.
B. PERLINDUNGAN DATA
- Kami akan berupaya sebaik mungkin untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan informasi yang Anda serahkan kepada Kami maupun yang Kami kumpulkan dari Anda, terutama yang menyangkut data pribadi Anda dan aktivitas penggunaan Layanan TOPAY, yang diserahkan kepada Kami atau dikumpulkan oleh Kami untuk tujuan pendaftaran, upgrade, pengkinian data, penyampaian informasi, pengurusan klaim, analisa, pengembangan/peningkatan layanan, dan tujuan-tujuan lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Dengan memberikan persetujuan Anda terhadap Syarat dan Ketentuan ini berarti Anda juga telah menyetujui Pemberitahuan Privasi yang dapat Anda akses, baca, dan pelajari melalui tautan berikut: Pemberitahuan Privasi. Mohon untuk membaca dan mempelajari dengan seksama seluruh ketentuan-ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi tersebut agar Anda mengerti dan memahami bagaimana Kami melindungi dan memproses data dan informasi Anda.
- Dalam hal Kami mengubah ketentuan dalam Pemberitahuan Privasi tersebut maka perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Anda paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku efektif, dan perubahan tersebut akan dilaksanakan dengan mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
C. BIAYA LAYANAN
-
Atas penyediaan Layanan TOPAY, Kami berhak untuk membebankan dan mengenakan biaya layanan kepada Anda, yaitu:
- biaya pengisian saldo (top-up) TOPAY melalui mitra dan kanal top-up, transfer dana, penyetoran langsung melalui Bank atau metode top-up lainnya sebagaimana tersedia dari waktu ke waktu;
- biaya tarik tunai yang dilakukan melalui mitra resmi Kami atau kanal tarik tunai resmi Kami;
- biaya transfer dana TOPAY antar-Pengguna TOPAY;
- biaya transfer dana TOPAY dari Pengguna TOPAY ke rekening bank; dan
- biaya-biaya lainnya atas layanan-layanan yang Kami sediakan di kemudian hari yang akan Kami informasikan kepada Anda sebelum pembebanan atas biaya-biaya tersebut berlaku efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Nilai biaya-biaya yang Kami bebankan dan kenakan kepada Anda adalah sebagaimana Kami informasikan kepada Anda melalui Aplikasi TOPAY, kanal top-up resmi Kami, kanal tarik tunai resmi Kami, melalui Media Komunikasi, dan/atau Media Publikasi.
- Kecuali ditentukan dan Kami informasikan sebaliknya kepada Anda, seluruh pajak-pajak yang timbul dari penyediaan Layanan TOPAY akan ditanggung oleh masing-masing pihak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku khusus nya mengenai perpajakan sebagaimana diberlakukan, diperbarui, dan/atau diubah seterusnya oleh otoritas yang berwenang.
D. PENGKINIAN DATA
- Kami menerapkan prinsip know your customer untuk tujuan keamanan dan pengawasan penggunaan Aplikasi TOPAY dan Layanan TOPAY, dan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait dengan anti-pencucian uang dan pendanaan terorisme.
- Kami menerapkan prinsip know your customer, salah satunya, dengan melaksanakan proses uji tuntas konsumen (customer due diligence) "CDD" atas data dan informasi Anda yang Anda serahkan kepada Kami untuk tujuan pendaftaran dan upgrade akun. Oleh karena itu, Kami harus memastikan bahwa data dan informasi mengenai diri Anda yang Anda serahkan kepada Kami merupakan data dan informasi yang terkini dan valid.
- Pengkinian data dilakukan dengan cara menyerahkan dokumen identitas (KTP/Paspor), swafoto, dan/atau rekam verifikasi gerak wajah Anda yang terbaru secara valid, benar, lengkap dan jelas.
- Apabila Anda melakukan perubahan atas data dan informasi yang telah Anda serahkan kepada Kami maka Anda wajib untuk segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk melakukan pengkinian data.
-
Anda juga wajib dengan segera melakukan pengkinian data, apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pengkinian data berdasarkan salah satu atau lebih hal-hal di bawah ini:
- Temuan Kami atas perubahan atas data dan informasi Anda yang telah Anda serahkan sebelumnya kepada Kami.
- Temuan Kami atas indikasi perubahan pola transaksi (pembayaran atau transfer dana), ketidaksesuaian transaksi dengan profil Anda, atau peningkatan risiko yang signifikan atas hasil CDD Kami terhadap Anda selaku pengguna jasa Kami.
- Temuan Kami atas indikasi tindakan pencucian uang, pendanaan terorisme, dan/atau pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Alasan lainnya sebagaimana Kami informasikan kepada Anda pada saat Kami meminta Anda melakukan pengkinian data.
- Apabila Kami meminta Anda untuk melakukan pengkinian data karena alasan-alasan yang dimaksud dalam Angka 5 di atas maka Kami akan menginformasikan dan memberikan batas waktu untuk Anda melakukan pengkinian data.
- Apabila Anda gagal untuk melaksanakan pengkinian data secara valid, benar, lengkap, dan jelas setelah berakhirnya batas waktu yang dimaksud dalam Angka 6 di atas maka Kami berhak untuk men-Downgrade klasifikasi akun Anda.
E. TOPAY
- TOPAY adalah uang elektronik berbasis server yang Kami terbitkan sesuai dengan ketentuan Peraturan Bank Indonesia yang mengatur mengenai penyelenggaraan uang elektronik. Untuk kejelasan, TOPAY merupakan uang elektronik sehingga bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan di bidang Perbankan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
-
TOPAY dapat digunakan untuk:
- pelaksanaan transaksi pembayaran untuk pembelian dan/atau pembayaran barang dan/atau jasa atau pembayaran tagihan;
- pelaksanaan transfer dana antar-Pengguna TOPAY;
- Pengguna TOPAY dapat melakukan pengisian saldo TOPAY (top-up) melalui mitra dan kanal top-up resmi Kami, atau melalui transfer dana dari rekening Bank, penyetoran langsung melalui Bank, atau melalui kanal top-up lainnya sebagaimana tersedia dari waktu ke waktu.
- Untuk transaksi pembayaran yang difasilitasi dengan kode quick response berstandar quick response Code Indonesia Standard (QRIS), Kami menetapkan batas maksimum nominal transaksi pembayaran per transaksi sesuai dengan ketentuan yang diatur dan diberlakukan oleh Bank Indonesia.
- Pengisian saldo TOPAY, baik dari setoran awal, pengisian ulang (top-up), atau transfer masuk (transfer-in), bukan merupakan pemberian pinjaman ataupun pendanaan dari Anda kepada Kami. Kami tidak memberikan janji dalam bentuk apapun atas bertambahnya nilai uang yang Anda titipkan kepada Kami dalam rangka pengisian saldo TOPAY, baik dalam bentuk bunga atau apapun.
F. TOPAY POINTS
- TOPAY Points adalah loyalty reward yang ditujukan bagi Pengguna TOPAY, yang memiliki nilai 1 poin sama dengan 1 Rupiah, yang ketentuan pemberian, perhitungan, dan penggunaannya berbeda dengan TOPAY. Nilai TOPAY Points dijamin dengan suatu dana yang memadai sesuai dengan nilai TOPAY Points yang Anda terima.
-
Pemberian, perhitungan, dan penukaran/penggunaan TOPAY Points ditentukan oleh:
- kebijakan internal Kami;
- kesepakatan Kami dengan mitra-mitra Kami yang bekerja sama dengan Kami dalam pemberian, perhitungan, dan/atau penukaran/penggunaan TOPAY Points; dan/atau
- ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan dari otoritas atau instansi yang berwenang.
- Sehubungan dengan ketentuan dalam Angka 2 di atas, Anda dengan ini mengerti dan memahami bahwa pemberlakuan atas pemberian, perhitungan, dan penukaran/penggunaan TOPAY Points dapat berbeda-beda tergantung dari hal-hal yang disebutkan dalam Angka 2 di atas.
- Kepatuhan: Kebijakan internal Kami dan kesepakatan Kami dengan pihak-pihak yang bekerja sama dengan Kami terkait dengan pemberian, perhitungan, dan penukaran/penggunaan TOPAY Points akan dibuat dan dilaksanakan dengan tetap tunduk pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan dari otoritas atau instansi yang berwenang.
-
Pemberian TOPAY Points:
- TOPAY Points akan diberikan kepada Anda sebagai bentuk loyalty reward setiap kali Anda berhasil melakukan transaksi, dengan menggunakan TOPAY, pada Merchant yang diikutsertakan dalam pelaksanaan suatu program promosi (cashback) yang sedang diberlakukan, atau setiap kali Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan TOPAY Points berdasarkan program promosi yang Kami dan/atau mitra Kami terapkan.
- Jumlah TOPAY Points yang diberikan kepada Anda dapat berbeda-beda bergantung pada ketentuan program promosi yang diberlakukan.
- TOPAY Points akan diberikan sepanjang Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan TOPAY Points dan Anda belum melewati batasan maksimum pemberian TOPAY Points sesuai dengan ketentuan program promosi yang berlaku.
-
Penukaran/Penggunaan TOPAY Points:
- Anda dapat menukarkan (redeem) TOPAY Points pada Merchant-Merchant yang Kami tentukan untuk dapat menerima penukaran (redeem) TOPAY Points, untuk pembayaran atas barang dan/atau jasa pada Merchant-Merchant tersebut.
- Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua Merchant dapat menerima penukaran TOPAY Points, TOPAY Points hanya dapat ditukarkan pada Merchant yang telah Kami tetapkan untuk dapat melakukan penerimaan penukaran (redeem) TOPAY Points.
- Perlu Anda ketahui bahwa Kami juga dapat menetapkan pembatasan dalam penukaran/penggunaan TOPAY Points pada Merchant. Oleh karena itu, mohon diingat juga bahwa tidak semua Merchant dapat menerima penukaran TOPAY Points secara penuh atau menerima kombinasi penukaran TOPAY Points dengan pembayaran menggunakan TOPAY.
- Dalam hal Anda melakukan penukaran TOPAY Points pada Merchant yang dapat menerima penukaran TOPAY Points secara kombinasi dengan pembayaran TOPAY maka Kami dapat menentukan persentase TOPAY Points yang dapat ditukarkan secara kombinasi dengan pembayaran TOPAY tersebut.
-
Batasan dan Larangan:
- Setiap TOPAY Points yang Anda dapatkan tidak dapat diklaim atau ditukarkan menjadi uang, baik melalui Kami atau pihak manapun, atau dialihkan atau dipindahtangankan kepada pihak manapun, baik dengan cara ditransfer atau dicairkan/diuangkan, atau dengan cara-cara apapun.
-
Kami melarang pelaksanaan pelaksanaan salah satu atau lebih dari tindakan-tindakan berikut:
- Tindakan yang dimaksudkan untuk mengalihkan atau memindahtangankan kepemilikan TOPAY Points kepada pihak lainnya.
- Tindakan yang dimaksudkan untuk mencairkan atau menguangkan TOPAY Points.
- Tindakan yang dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan cara-cara yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku atau melanggar hak atau kepentingan Kami atau pihak lain manapun.
- Tindakan yang dimaksudkan untuk mendapatkan atau memperoleh TOPAY Points dengan cara-cara curang, contoh: transaksi fiktif/palsu untuk mendapatkan TOPAY Points atau Tindakan Penyalahgunaan atau tindakan manipulatif untuk mengelabui dan memperdaya sistem Kami atau suatu program promosi untuk mendapatkan TOPAY Points.
-
Masa Berlaku TOPAY Points:
- TOPAY Points yang Anda terima akan memiliki masa berlaku 12 (dua belas) bulan sejak TOPAY Points tersebut diberikan kepada Anda.
- Setelah masa berlaku tersebut terlampaui maka TOPAY Points akan hangus dan tidak berlaku lagi, dan akan hilang dari catatan saldo TOPAY Points Anda.
- TOPAY Points Anda akan hangus, jika terjadi Penutupan secara permanen atas akun Pengguna TOPAY Anda.
-
Kami berhak untuk menarik kembali, memotong, dan/atau membatalkan pemberian dan/atau membatasi penggunaan TOPAY Points Anda, karena salah satu atau lebih kondisi berikut:
- Transaksi yang mendasari diberikannya TOPAY Points tersebut dibatalkan.
- Transaksi yang mendasari diberikannya TOPAY Points tersebut terindikasi merupakan suatu tindakan kecurangan, tindakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Terdapat kesalahan sistem/perhitungan dari sisi Kami yang menyebabkan Anda menerima TOPAY Points yang seharusnya tidak Anda terima.
- Kami diharuskan untuk menarik kembali, memotong, membatalkan pemberian, dan/atau membatasi penggunaan TOPAY Points Anda oleh otoritas atau instansi yang berwenang.
- Terjadinya salah satu atau lebih kondisi-kondisi yang menyebabkan Kami harus melakukan koreksi sebagaimana diatur dalam BAB mengenai Koreksi.
- Dalam hal kami harus melaksanakan penarikan kembali, pemotongan, dan/atau pembatalan TOPAY Points Anda maka Kami akan menginformasikannya kepada Anda melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
- Apabila Anda memiliki pertanyaan terkait TOPAY Points, mohon mengacu pada pusat bantuan yang terdapat pada Aplikasi TOPAY atau Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna sebagaimana diatur dalam BAB tentang Layanan Bantuan Pengguna dari Syarat dan Ketentuan ini.
G. Dormant Account
- Sistem Kami akan menganggap akun Pengguna TOPAY Anda sebagai akun terbengkalai atau "Dormant Account", apabila akun Anda tidak melaksanakan aktivitas transaksi pembayaran ataupun transfer dana keluar (transfer-out) selama 6 (enam) bulan berturut-turut.
- Sistem Kami akan berhenti menganggap akun Anda sebagai Dormant Account, apabila Anda melakukan transaksi pembayaran atau transfer dana (transfer-out) menggunakan akun Anda tersebut yang telah dianggap sebagai Dormant Account.
- Kami, berdasarkan kebijakan Kami, berhak untuk melakukan Pemblokiran, Penutupan secara permanen, dan/atau Downgrade atas akun Anda, jika akun Anda menjadi Dormant Account.
- Tindakan yang Kami lakukan atas Dormant Account (Pemblokiran, Penutupan, dan/atau Downgrade) akan diinformasikan kepada pemilik atas Dormant Account tersebut melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
H. PEMBLOKIRAN, PENUTUPAN, DAN Downgrade AKUN
-
Pemblokiran Akun:
-
"Pemblokiran" adalah penonaktifan akun Pengguna TOPAY Anda untuk jangka waktu tertentu. Pemblokiran akun dapat terjadi karena:
- Akun Anda menjadi Dormant Account, dan Kami, berdasarkan kebijakan Kami, memutuskan untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda.
- Anda meminta Kami untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya. Dalam hal Anda meminta sendiri Pemblokiran akun Anda, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Pemblokiran memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Pemblokiran, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda atau tidak.
- Kami harus melakukan Pemblokiran untuk keamanan akun Anda karena terdapat indikasi terjadinya insiden keamanan terhadap akun Anda.
- Kami mendapatkan perintah dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melakukan Pemblokiran atas akun Anda
- Kami menemukan indikasi bahwa akun Anda digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, ATAU indikasi bahwa Anda melakukan suatu tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Kami menemukan indikasi bahwa akun Anda digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau Tindakan Penyalahgunaan, ATAU indikasi bahwa Anda melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan.
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau Tindakan Penyalahgunaan, ATAU Anda terbukti telah melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan.
- Kami menemukan indikasi bahwa akun Anda digunakan untuk suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun, ATAU indikasi bahwa Anda melakukan suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun.
- Kami mendapatkan laporan yang disertai dengan bukti permulaan yang cukup dari pihak lain bahwa akun Anda digunakan untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun, ATAU bahwa Anda melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun.
- Pemblokiran akun akan menyebabkan akun Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi TOPAY dan Layanan TOPAY sampai dengan akun Anda diaktifkan kembali.
- Kami akan menginformasikan Anda mengenai Pemblokiran akun Anda melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi. Anda juga dapat menanyakan secara lebih lanjut hal-hal terkait dengan Pemblokiran akun Anda ke Layanan Bantuan Pengguna.
-
Pengakhiran Pemblokiran:
- Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena alasan yang disebutkan dalam Angka 1 huruf a poin (1), (2) atau (3) di atas, Anda dapat meminta pengakhiran Pemblokiran akun Anda dengan menghubungi Layanan Bantuan Pengguna. Atas permintaan pengakhiran Pemblokiran, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk mengakhiri Pemblokiran atau melanjutkan Pemblokiran tersebut.
- Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena alasan yang disebutkan dalam Angka 1 huruf a poin (4) di atas, Kami dapat mengakhiri Pemblokiran akun Anda, jika Kami mendapatkan perintah atau persetujuan dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang dimaksud untuk mengakhiri Pemblokiran tersebut.
- Apabila Kami melakukan Pemblokiran atas akun Anda karena salah satu atau lebih alasan yang disebutkan dalam Angka 1 huruf a poin (5) – (9) di atas, Anda dapat mengajukan sangkalan kepada Kami atas tindakan Pemblokiran yang Kami lakukan atas akun Anda tersebut dengan menyerahkan bukti-bukti pendukung untuk menyangkal dasar-dasar yang Kami terapkan untuk melakukan Pemblokiran tersebut. Berdasarkan sangkalan dan bukti yang Anda ajukan, Kami akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk menentukan apakah Kami harus mengakhiri atau melanjutkan Pemblokiran atas akun Anda atau melakukan penonaktifan atas akun Anda secara permanen (Penutupan).
- Prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa Anda merupakan pemilik akun yang sah berlaku pada saat Anda meminta pengakhiran Pemblokiran akun Anda.
-
"Pemblokiran" adalah penonaktifan akun Pengguna TOPAY Anda untuk jangka waktu tertentu. Pemblokiran akun dapat terjadi karena:
-
Penutupan Akun:
-
"Penutupan" adalah penonaktifan akun Pengguna TOPAY Anda secara permanen. Penutupan atas akun Anda dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:
- Akun Anda menjadi Dormant Account, dan Kami, berdasarkan kebijakan Kami, memutuskan untuk melakukan Penutupan atas akun Anda.
- Kami mendapatkan perintah dari otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang atau berdasarkan peraturan perundang-undang yang berlaku untuk melakukan Penutupan atas akun Anda.
- Anda meminta Kami untuk melakukan Penutupan atas akun Anda untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya. Dalam hal Anda meminta sendiri Penutupan akun Anda, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Penutupan memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Penutupan, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Penutupan atas akun Anda atau tidak.
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan, ATAU Anda terbukti telah melanggar salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan.
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, ATAU Anda terbukti telah melakukan tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun, ATAU Anda terbukti telah melakukan tindakan yang merupakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau pelanggaran atas kepentingan pihak lain manapun.
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak manapun, ATAU Anda terbukti telah melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan Kami dan/atau pihak lain manapun.
- Kami, berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami sendiri, memutuskan bahwa Penutupan atas akun Anda harus dilakukan untuk tujuan keamanan Kami dan/atau pihak lain manapun.
- Anda, berdasarkan bukti dan keterangan yang cukup, dinyatakan telah meninggal dunia.
- Anda mencabut persetujuan yang Anda telah berikan kepada Kami untuk menyimpan dan memproses seluruh data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk pengelolaan dan pengawasan akun Pengguna TOPAY Anda, atau Anda meminta Kami untuk berhenti memproses, menghapus dan/atau menghancurkan data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk pengelolaan dan pengawasan akun Pengguna TOPAY Anda. Dalam hal Anda mencabut persetujuan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan ini, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa pencabutan persetujuan tersebut memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah.
- Penutupan akun akan menyebabkan akun Anda tidak dapat digunakan untuk mengakses dan menggunakan Aplikasi TOPAY dan Layanan TOPAY secara permanen (dinonaktifkan secara permanen) dan secara keseluruhan.
- Kami akan menginformasikan Anda mengenai Penutupan akun Anda melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi. Anda juga dapat menanyakan secara lebih lanjut hal-hal terkait dengan Penutupan akun Anda ke Layanan Bantuan Pengguna.
-
Pelaksanaan Penutupan Akun:
-
Penahanan, dan/atau Pendebetan/Pemotongan TOPAY:
- Jika pada saat Penutupan akun, Anda masih memiliki kewajiban-kewajiban yang masih belum dibayarkan kepada mitra-mitra Kami dan/atau Kami, yang mana pelunasannya harus dilakukan menggunakan TOPAY, maka Anda sepakat bahwa Kami berhak untuk menahan dan memotong/mendebet saldo TOPAY Anda untuk tujuan pelunasan kewajiban-kewajiban dimaksud.
- Jika Penutupan atas akun Anda terjadi karena alasan yang dimaksud dalam Angka 2 huruf a poin (2) di atas, dan otoritas, instansi, atau pengadilan yang berwenang, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku memberikan perintah atau arahan kepada Kami untuk melakukan penahanan, dan/atau pemotongan/pendebetan atas saldo TOPAY dan/atau TOPAY Points Anda maka Kami akan melakukan penahanan, dan/atau pemotongan/pendebetan atas saldo TOPAY dan/atau TOPAY Points Anda sesuai dengan perintah atau arahan tersebut.
- Jika Anda meminta sendiri Penutupan akun Anda namun Anda masih memiliki kewajiban yang belum terbayarkan sebagaimana dimaksud dalam poin (a) di atas maka Kami berhak untuk menolak permintaan Penutupan akun Anda.
-
Klaim TOPAY:
- Anda dapat mengajukan klaim atas saldo TOPAY Anda yang masih tersisa dalam akun Anda dengan menghubungi Layanan Bantuan Pengguna sebagaimana diatur dalam BAB tentang Layanan Bantuan Pengguna dari Syarat dan Ketentuan ini.
- Dalam hal pelaksanaan klaim saldo TOPAY mengharuskan terjadinya pelaksanaan transfer dana dari Kami ke rekening bank yang Anda tentukan maka Kami akan mengenakan biaya transfer dana ke rekening yang Anda tujukan untuk menerima pencairan saldo TOPAY tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Untuk kejelasan, apabila pada saat Penutupan akun Anda terjadi, Anda masih memiliki saldo TOPAY Points maka saldo TOPAY Points Anda dalam akun tersebut akan hangus dengan seketika.
- Penutupan Akun Pengguna TOPAY yang Meninggal Dunia: Jika Pengguna TOPAY meninggal dunia maka ahli waris yang sah dari Pengguna TOPAY tersebut, yang wajib dibuktikan dengan menyerahkan kepada Kami surat kematian Pengguna TOPAY, bukti yang sah sebagai ahli waris, dan surat persetujuan ahli waris lainnya, dapat mengajukan Penutupan atas akun Pengguna TOPAY tersebut, dan mengurus klaim atas saldo TOPAY yang masih tersisa pada akun Pengguna TOPAY tersebut. Terkait dengan hal ini, Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk informasi lebih lanjut.
-
Penahanan, dan/atau Pendebetan/Pemotongan TOPAY:
-
"Penutupan" adalah penonaktifan akun Pengguna TOPAY Anda secara permanen. Penutupan atas akun Anda dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:
-
Downgrade Akun:
-
Downgrade adalah penurunan klasifikasi akun Pengguna TOPAY dari TOPAY Premier menjadi TOPAY Club. Downgrade atas akun Anda dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini, ATAU Anda terbukti telah melakukan pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dari Syarat dan Ketentuan ini.
- Kami mendapatkan perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang untuk melakukan Downgrade atas akun Anda.
- Anda meminta Kami untuk tidak lagi menyimpan, dan/atau menghapus dan menghancurkan data dan informasi Anda yang Kami butuhkan untuk penerapan prinsip know your customer, sehingga Kami tidak lagi dapat mengklasifikasikan akun Anda sebagai pengguna terdaftar (registered) atau akun TOPAY Premier. Dalam hal Anda meminta sendiri untuk tidak lagi menyimpan, dan/atau menghapus dan menghancurkan data dan informasi Anda, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan dimaksud memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah.
- Anda meminta Kami untuk melakukan Downgrade atas akun Anda untuk tujuan keamanan atau tujuan lainnya yang berdasarkan pertimbangan Kami dapat diterima sebagai dasar atas Downgrade akun Anda. Dalam hal Anda meminta sendiri Downgrade, Anda akan melalui prosedur verifikasi untuk membuktikan bahwa permintaan Downgrade memang terbukti dari Anda selaku pemilik akun yang sah. Atas permintaan Downgrade, Kami akan melakukan tinjauan dan verifikasi atas permintaan tersebut, dan atas kebijakan dan pertimbangan Kami, Kami akan memutuskan untuk melakukan Downgrade atas akun Anda atau tidak.
- Kami berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami sendiri memutuskan bahwa Downgrade atas akun Anda harus dilakukan untuk tujuan keamanan Kami, Anda dan/atau pihak lain manapun.
- Anda gagal untuk melaksanakan pengkinian data secara valid, benar, lengkap, dan jelas setelah berakhirnya jangka waktu yang telah Kami berlakukan dan informasikan kepada Anda (baca BAB tentang Pengkinian Data).
- Akun Anda menjadi Dormant Account dan Kami, berdasarkan kebijakan Kami, memutuskan untuk melakukan Downgrade atas akun Anda.
- Apabila Kami melakukan Downgrade atas akun Anda karena alasan-alasan yang dimaksud dalam Angka 3 huruf a poin (3) – (7), Anda dapat mengajukan upgrade kembali atas klasifikasi akun Anda kepada Kami dengan mengikuti prosedur pelaksanaan upgrade akun yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Keputusan atas hasil pengajuan upgrade kembali merupakan sepenuh wewenang Kami.
- Kami akan menginformasikan Anda mengenai Downgrade atas klasifikasi akun Anda melalui Aplikasi TOPAY atau Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
-
Downgrade adalah penurunan klasifikasi akun Pengguna TOPAY dari TOPAY Premier menjadi TOPAY Club. Downgrade atas akun Anda dapat terjadi karena salah satu atau lebih hal-hal berikut ini:
- Kami berhak untuk melakukan koreksi atas saldo TOPAY dan TOPAY Points pada akun Anda (memotong/mendebet atau mengkredit), dan melakukan koreksi atas informasi-informasi terkait dengan transaksi pembayaran, transfer dana, ataupun penyediaan layanan-layanan Kami lainnya pada Aplikasi TOPAY.
-
Kami berhak untuk melakukan Koreksi sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 di atas, karena salah satu atau lebih kondisi-kondisi berikut ini:
- Terjadi kesalahan atau kekeliruan yang menyebabkan kesalahan pada TOPAY dan/atau TOPAY Points Anda, atau informasi Anda, atau yang menyebabkan Anda menerima TOPAY, TOPAY Points, dan/atau layanan yang tidak seharusnya Anda terima.
- Terdapat permintaan langsung atau persetujuan dari pemilik akun yang akan menerima pelaksanaan koreksi.
- Terdapat permintaan langsung dari kepolisian, pengadilan, atau otoritas berwenang.
- Akun Anda terbukti telah digunakan untuk melakukan suatu tindakan yang merupakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini atau Tindakan Penyalahgunaan, ATAU Anda terbukti melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini atau melakukan Tindakan Penyalahgunaan. Sehingga Kami berhak untuk melakukan koreksi (memotong atau mendebet) saldo TOPAY dan/atau TOPAY Points Anda untuk ganti rugi atas kerugian material yang timbul dari pelanggaran atau Tindakan Penyalahgunaan tersebut.
- Terjadi kondisi-kondisi lainnya yang menyebabkan Anda menerima layanan, saldo TOPAY, TOPAY Points, dan/atau informasi yang seharusnya tidak Anda terima.
- Terhadap permintaan atas koreksi dari pemilik akun, Kami akan melakukan koreksi berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami setelah Kami melakukan tinjauan, verifikasi, atau investigasi terhadap validitas permintaan tersebut. Terkait dengan hal ini, Kami hanya akan melaksanakan koreksi, jika permintaan tersebut merupakan permintaan yang valid berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami serta hasil dari tinjauan, verifikasi, atau investigasi yang Kami lakukan. Kami berhak untuk menentukan pelaksanaan atas koreksi yang berasal dari permintaan pemilik akun berdasarkan pertimbangan dan kebijakan Kami serta hasil dari tinjauan, verifikasi, atau investigasi yang Kami lakukan.
- Terhadap permintaan atas koreksi dari kepolisian, pengadilan, atau otoritas berwenang, Kami akan melakukan koreksi berdasarkan perintah yang Kami terima secara langsung dari kepolisian, pengadilan, atau otoritas berwenang dimaksud.
- Kami akan menginformasikan Anda mengenai koreksi yang Kami lakukan melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
- Sehubungan dengan pelaksanaan koreksi, Anda sepakat untuk memberikan kuasa kepada kami untuk melakukan koreksi atas saldo TOPAY, TOPAY Points, dan informasi relevan lainnya pada akun Anda, dan Anda juga sepakat untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan, gugatan, klaim, dan/atau ganti rugi berkaitan dengan pelaksanaan koreksi tersebut sepanjang Kami dapat membuktikan bahwa pelaksanaan koreksi didasarkan pada informasi dan bukti yang valid.
- Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai koreksi.
-
Kewajiban:
- Anda wajib untuk mengakses dan menggunakan akun Anda, Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya, dengan itikad baik, tujuan yang sah dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
- Anda wajib untuk mengakses dan menggunakan akun Anda, Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya dengan penuh kehati-hatian, secara cermat, dan teliti.
- Anda wajib mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
-
Larangan:
- Anda dilarang untuk melakukan atau terlibat dalam pelaksanaan tindakan-tindakan yang merupakan Tindakan Penyalahgunaan.
- Anda dilarang untuk melakukan pengisian ulang saldo TOPAY (top-up) menggunakan sumber dana yang ilegal atau sumber dana yang didasarkan pada fasilitas kredit atau sumber dana yang bukan merupakan sumber dana uang (tunai).
- Anda dilarang untuk menyediakan jasa penguangan TOPAY dan/atau TOPAY Points kepada masyarakat.
- Anda dilarang untuk menyediakan jasa pengisian saldo TOPAY (top-up) kepada masyarakat, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.
- Anda dilarang untuk menyediakan jasa transfer dana melalui TOPAY kepada masyarakat, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.
- Anda dilarang untuk mengatasnamakan Kami (PT. Genezis Mitra Technology) dan/atau afiliasi-afiliasi Kami dalam melaksanakan tindakan-tindakan apapun, tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami.
- Anda dilarang untuk memberikan pernyataan dan jaminan yang tidak benar atau menyesatkan terkait dengan Syarat dan Ketentuan ini.
- Anda dilarang untuk menyediakan data dan informasi palsu atau menyesatkan yang dapat merugikan Kami, Pengguna TOPAY lainnya, dan/atau pihak manapun.
- Anda dilarang untuk melakukan transaksi yang dimaksudkan untuk menguangkan atau mengalihkan kepemilikan TOPAY Points.
- Anda dilarang untuk melakukan tindakan-tindakan yang merupakan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan kepentingan pihak manapun.
-
Pelanggaran:
-
Pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, baik yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda, menyebabkan Kami berhak untuk mengambil salah satu atau lebih dari
tindakan-tindakan berikut ini:
- Melakukan Pemblokiran atas akun Anda.
- Melakukan Penutupan atas akun Anda.
- Melakukan Downgrade atas akun Anda.
- Menghentikan penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY, baik untuk sebagian atau keseluruhan dan untuk sementara waktu atau secara permanen.
- Menghentikan akses Anda terhadap Produk Lainnya, baik untuk sebagian atau keseluruhan dan untuk sementara waktu atau secara permanen.
- Melakukan koreksi sebagaimana dimaksud pada BAB mengenai Koreksi, atau melakukan penahanan, penarikan kembali, dan pendebetan/pemotongan atas TOPAY dan/atau TOPAY Points Anda untuk tujuan ganti rugi, apabila pelanggaran yang Anda lakukan menyebabkan kerugian material terhadap Kami, Pengguna TOPAY lainnya, dan/atau pihak lain manapun.
- Melakukan koreksi sebagaimana dimaksud pada BAB mengenai Koreksi, atau melakukan penahanan, penarikan kembali, dan/atau pendebetan/pemotongan atas saldo TOPAY dan/atau saldo TOPAY Points yang Anda dapatkan secara tidak sah, dan membatalkan penyediaan layanan yang Anda dapatkan secara tidak sah, apabila pelanggaran yang Anda lakukan menyebabkan Anda secara tidak sah mendapatkan TOPAY, TOPAY Points, dan/atau manfaat dari layanan-layanan apapun.
- Pemberian dan penerapan sanksi yang disebutkan dalam huruf a di atas bergantung pada tingkat keparahan atas pelanggaran yang dilakukan dan dampak yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut.
- Kami akan menginformasikan Anda perihal tindakan yang Kami ambil dalam rangka penindakan atas pelanggaran yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda, melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
-
Pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, baik yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda, menyebabkan Kami berhak untuk mengambil salah satu atau lebih dari
tindakan-tindakan berikut ini:
-
Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:
- Anda adalah individu yang cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum yang berlaku di Republik Indonesia, khususnya untuk memberikan persetujuan atas Syarat dan Ketentuan ini; dan
- Anda merupakan individu yang telah berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih, atau sudah menikah, dan Anda tidak berada di bawah pengampuan.
- Apabila Anda tidak memenuhi syarat kecakapan yang dimaksud dalam Angka 1 di atas, Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh tindakan-tindakan yang Anda lakukan sehubungan dengan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan/atau Produk Lainnya telah disetujui oleh orang tua atau wali atau pengampu Anda yang sah.
- Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi pembayaran, transfer dana, pengisian ulang TOPAY, dan pembayaran-pembayaran Layanan TOPAY, Produk Lainnya, dan/atau biaya-biaya yang diberlakukan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini merupakan dana yang bersumber dari sumber yang sah dan bukan merupakan dana yang berasal dari tindakan-tindakan yang merupakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, perjudian, dan tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia atau merupakan pelanggaran atas kepentingan pihak manapun.
- Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh data dan informasi yang Anda sampaikan kepada Kami dan/atau afiliasi Kami untuk tujuan pendaftaran, upgrade, pengurusan klaim, dan tujuan-tujuan lainnya sehubungan dengan hubungan hukum yang terjadi antara Anda dan Kami merupakan data dan informasi yang valid, benar, dan akurat, serta penyampaian atau penyerahan data dan informasi tersebut kepada Kami bukanlah merupakan suatu pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kepentingan pihak manapun.
- Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh akses, penggunaan dan pemanfaatan yang Anda lakukan atas Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya, dilakukan secara sah, dengan itikad baik, dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kepentingan pihak manapun.
-
Penyampaian Informasi, Komunikasi, dan Korespondensi:
- Anda memahami Kami dapat memberikan informasi-informasi yang penting bagi Anda atau melakukan komunikasi/korespondensi dengan Anda terkait Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan/atau Produk Lainnya melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, dan/atau Media Publikasi.
-
Anda memahami dan mengakui bahwa Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh untuk:
- memperbarui kontak-kontak Anda dengan segera, jika Anda melakukan penggantian kontak-kontak yang telah Anda daftarkan kepada Kami;
- selalu memastikan bahwa kontak-kontak Anda yang Anda daftarkan kepada Kami adalah benar dan selalu aktif untuk tujuan penyediaan informasi-informasi kepada Anda; dan
- selalu mengecek secara rutin, membaca, dan mempelajari, informasi-informasi dan komunikasi/korespondensi yang Kami berikan melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, ataupun Media Publikasi.
- Kami tidak bertanggung jawab atas seluruh konsekuensi yang timbul akibat dari kelalaian atau kesalahan Anda dalam melaksanakan tanggung jawab Anda yang dimaksud dalam huruf b di atas.
-
Data dan Informasi:
-
Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa Kami bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan atas:
- data dan/atau informasi yang tersimpan dalam sistem penyimpanan data Kami;
- data dan/atau informasi yang Kami kumpulkan dari Anda, baik melalui afiliasi Kami, petugas resmi Kami, ataupun mitra-mitra Kami yang Kami tunjuk untuk mengumpulkan data dan informasi Anda untuk kepentingan Kami; dan
- data dan/atau informasi yang Kami kelola dan awasi untuk Anda dalam kapasitas Kami sebagai penyelenggara sistem elektronik.
-
Terkait dengan huruf a di atas, Anda dengan ini memahami bahwa Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh atas keamanan dan kerahasiaan atas:
- data dan/atau informasi yang berada dalam penguasaan dan/atau pengawasan Anda;
- data dan/atau informasi yang disimpan oleh Anda dalam media apapun yang berada di bawah pengawasan Anda atau pihak ketiga;
- data dan/atau informasi yang Anda serahkan kepada pihak ketiga tanpa melalui Kami;
- data dan/atau informasi yang dikumpulkan oleh pihak ketiga dari Anda bukan untuk kepentingan Kami atau bukan karena permintaan Kami;
- data dan/atau informasi yang tidak pernah Anda serahkan kepada Kami; dan
- data dan/atau informasi Anda yang tidak pernah atau sudah tidak berada di bawah penguasaan dan pengawasan Kami.
-
Kami tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang timbul akibat dari:
- kelalaian atau kesalahan Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan atas data dan/atau informasi Anda;
- pelanggaran keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi yang dilakukan oleh pihak ketiga yang mengumpulkan dan/atau menyimpan data dan/atau informasi Anda bukan untuk kepentingan Kami atau bukan karena permintaan Kami; dan/atau
- pelanggaran keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi yang bukan disebabkan secara langsung oleh; kelalaian atau kesalahan Kami dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan data dan/atau informasi Anda, atau insiden keamanan kebocoran data dari sisi Kami.
-
Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa Kami bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan atas:
-
Pembelian dan Pembayaran:
- Anda memahami dan mengakui bahwa; setiap pembelian atau pembayaran yang Anda lakukan atas barang dan/atau jasa dari Merchant atau untuk pembayaran tagihan merupakan perbuatan hukum atau kesepakatan antara Anda dan Merchant.
- Anda memahami dan mengakui bahwa; dalam hal Anda menggunakan TOPAY dan/atau melakukan penukaran TOPAY Points dalam suatu transaksi pembelian atau pembayaran maka Kami hanya bertindak sebagai penyedia jasa pembayaran yang memfasilitasi pemrosesan transaksi pembelian atau pembayaran tersebut.
- Anda memahami dan mengakui bahwa; seluruh hak dan kewajiban yang timbul dari perbuatan hukum atau kesepakatan antara Anda dan Merchant merupakan sepenuhnya tanggung jawab Anda dan Merchant. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab atas penyediaan, pengiriman, kualitas, kuantitas, dan kepuasan ekspektasi barang dan/atau jasa yang dijual dan/atau disediakan oleh Merchant, dan pelaksanaan serta pemenuhan hak dan kewajiban yang timbul dari hubungan hukum atau kesepakatan antara Anda dan Merchant.
- Kepatuhan Terhadap Hukum Yang Berlaku: Anda bertanggung jawab penuh atas seluruh konsekuensi yang timbul dari pelanggaran hukum, dan pelanggaran kepentingan pihak manapun yang Anda lakukan. Kami tidak bertanggung jawab atas konsekuensi yang timbul dari pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku, atau pelanggaran kepentingan pihak lain yang Anda lakukan.
- Instrumen Pembayaran Lain: Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa Kami merupakan penyedia jasa pembayaran yang menerbitkan uang elektronik berbasis server yaitu TOPAY, dan Kami hanya bertanggung jawab atas pemrosesan transaksi pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan TOPAY dan/atau dengan penukaran TOPAY Points.
-
Kode OTP dan Security Code:
- Anda dengan ini memahami bahwa kode OTP dan Security Code merupakan kode yang digunakan untuk mengakses akun Anda dan Aplikasi TOPAY, dan memanfaatkan Layanan TOPAY. Oleh karena itu, Anda wajib untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan Security Code dengan selalu menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Kami, karyawan, perwakilan, petugas resmi Kami, dan afiliasi Kami tidak pernah dan tidak akan pernah meminta Anda untuk menyerahkan atau mengungkapkan kode OTP dan/atau Security Code Anda. Oleh karena itu, mohon untuk tidak merespon permintaan-permintaan dari pihak manapun yang meminta Anda untuk menyerahkan atau mengungkapkan kode OTP dan/atau Security Code Anda.
- Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh atas keamanan dan kerahasiaan atas kode OTP, Security Code, dan perangkat elektronik Anda (ponsel atau komputer tablet), dan seluruh konsekuensi yang timbul dari kelalaian, kesalahan, atau kecerobohan Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP, Security Code, dan perangkat Anda tersebut.
- Mohon dimengerti bahwa beberapa smartphone atau komputer tablet tertentu memiliki fitur biometric recognition yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi Security Code, yang mana fitur tersebut bukan merupakan fitur yang Kami kelola atau sediakan. Oleh karena itu, seluruh konsekuensi yang timbul dari penggunaan fitur tersebut merupakan sepenuhnya tanggung jawab Anda sendiri.
-
Kesalahan Dalam Pemanfaatan Layanan:
- Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu bersikap cermat dan teliti dalam mengakses akun Anda, memanfaatkan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya untuk menghindari risiko-risiko yang mungkin terjadi karena kelalaian atau kecerobohan Anda.
-
Anda bertanggung jawab sendiri untuk memanfaatkan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya secara cermat dan teliti untuk menghindari risiko-risiko yang mungkin terjadi akibat dari kelalaian atau kecerobohan Anda,
yaitu:
- kegagalan pengaksesan akun Anda dan Aplikasi TOPAY atau terblokirnya akun Anda akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukan kode OTP dan/atau Security Code;
- kegagalan atau kesalahan pelaksanaan transfer TOPAY akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukan nomor ponsel penerima dana atau nomor rekening penerima dana;
- kesalahan pelaksanaan transaksi pembayaran akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukan nilai nominal transaksi pembayaran yang seharusnya;
- kegagalan pelaksanaan transaksi atau transfer TOPAY akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukan Security Code atau nomor ponsel atau nomor rekening penerima dana;
- kegagalan atau kesalahan pelaksanaan pengisian ulang saldo TOPAY (top-up) akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memasukan nomor ponsel penerima pengisian ulang (top-up);
- kekeliruan, kesalahpahaman, atau kesalahan dalam pembelian/pembayaran atas barang dan/atau jasa akibat dari kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memahami barang dan/atau jasa yang Anda beli, syarat dan ketentuan yang Anda sepakati dengan Merchant terkait dengan pembelian/pembayaran, dan/atau dalam memilih dan menentukan barang dan/atau jasa yang Anda beli/bayarkan; dan/atau
- kegagalan, kesalahan, kekeliruan, atau kesalahpahaman lainnya yang disebabkan oleh kecerobohan atau kelalaian Anda dalam memanfaatkan Aplikasi TOPAY atau Layanan TOPAY atau Produk Lainnya secara cermat dan teliti.
-
Jaringan Internet:
- Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa pengaksesan dan pemanfaatan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya membutuhkan jaringan internet. Anda juga memahami bahwa gangguan pada jaringan internet dapat menyebabkan kegagalan, keterlambatan, dan pembatasan terhadap pengaksesan dan pemanfaatan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya.
- Anda dengan ini memahami dan mengakui bahwa ketersediaan dan kelancaran jaringan internet bukan merupakan tanggung jawab Kami.
-
Prinsip Kehati-hatian:
- Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian, sebagaimana diatur dalam BAB tentang Risiko Penggunaan dalam Syarat dan Ketentuan ini, setiap Anda mengakses akun Anda, memanfaatkan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya, untuk menghindari risiko-risiko yang dapat mengancam keamanan akun Anda atau dapat merugikan Anda.
- Anda bertanggung jawab sendiri dan penuh dalam menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas seluruh konsekuensi dan kerugian yang timbul akibat dari kelalaian atau kesalahan Anda dalam menerapkan Prinsip Kehati-hatian atau akibat dari kejadian-kejadian merugikan yang Anda alami yang tidak disebabkan secara langsung oleh kelalaian atau kesalahan Kami dalam menyediakan Aplikasi TOPAY dan/atau layanan-layanan Kami kepada Anda.
- Kami tidak memberikan jaminan apapun bahwa Aplikasi TOPAY dapat diunduh atau digunakan pada semua perangkat elektronik, (komputer tablet atau smartphone), oleh karena itu, mohon untuk memastikan bahwa perangkat elektronik yang Anda gunakan kompatibel dengan Aplikasi TOPAY agar Anda dapat menggunakan Aplikasi TOPAY dan fitur-fitur di dalamnya. Penggunaan perangkat elektronik yang tidak memiliki kompatibilitas dengan Aplikasi TOPAY dapat menyebabkan Anda tidak dapat menggunakan Aplikasi TOPAY dan/atau fitur-fitur di dalamnya, atau menghambat penggunaan fitur-fitur pada Aplikasi TOPAY atau konsekuensi lainnya.
- Kami tidak memberikan jaminan apapun bahwa Aplikasi TOPAY dan/atau fitur- fitur di dalamnya dapat tetap beroperasi atau digunakan secara bersamaan dengan kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, ataupun perangkat manapun atau sistem dari pihak manapun.
-
Untuk kejelasan kata-kata berikut ini memiliki pengertian sebagai berikut:
- "Penautan Akun" adalah penautan akun Pengguna TOPAY Anda dengan akun Anda lainnya yang terdaftar pada Platform Merchant yang Anda gunakan dengan cara memilih pilihan linking atau pilihan sejenisnya yang tersedia pada Platform Merchant yang Anda gunakan.
- "Platform Merchant" adalah platform dalam bentuk website atau mobile application yang ditujukan untuk memfasilitasi penawaran dan pembelian barang dan/atau jasa yang ditawarkan, dijual, dan/atau disediakan oleh Merchant.
- Penautan Akun diperlukan agar Anda dapat mengakses satu atau lebih dari Layanan TOPAY pada Platform Merchant tanpa harus membuka Aplikasi TOPAY. Beberapa Layanan TOPAY yang dapat Kami sediakan melalui Platform Merchant, yaitu; layanan transaksi pembayaran dengan TOPAY dan/atau penukaran TOPAY Points, pengecekan saldo TOPAY dan TOPAY Points, dan layanan pengecekan riwayat transaksi yang dilakukan pada Platform Merchant, dan layanan-layanan lainnya sebagaimana Kami kembangkan dan sediakan di kemudian hari untuk Anda.
- Ketersediaan Layanan TOPAY pada satu Platform Merchant dengan Platform Merchant lainnya dapat berbeda, hal ini bergantung pada kesepakatan Kami dengan Merchant yang merupakan pemilik/pengelola Platform Merchant terkait atau bergantung pada kebijakan internal Kami. Perlu diketahui bahwa Penautan Akun hanya dapat dilakukan pada Platform Merchant-Platform Merchant yang telah Kami tunjuk untuk dapat menerima pelaksanaan Penautan Akun. Kami tidak bertanggungjawab atas seluruh konsekuensi yang timbul dari Penautan Akun yang Anda lakukan pada platform manapun yang tidak dikelola oleh pihak- pihak yang Kami tunjuk untuk menerima fitur Penautan Akun. Mohon untuk melakukan pengecekan melalui Layanan Bantuan Pengguna untuk mengetahui platform-platform yang dapat menerima Penautan Akun yang dikelola oleh pihak-pihak yang Kami tunjuk.
- Dengan dilakukannya Penautan Akun maka informasi yang relevan terhadap transaksi pembayaran TOPAY atau penukaran TOPAY Points yang Anda lakukan pada Platform Merchant, yaitu; riwayat transaksi, dan status transaksi, dan saldo TOPAY dan TOPAY Points Anda, atau informasi lainnya yang relevan terkait dengan pemanfaatan Layanan TOPAY pada Platform Merchant, mungkin akan dapat terlihat pada Platform Merchant tersebut dan dapat dilihat oleh Merchant yang mengelola Platform Merchant tersebut.
- Keterbukaan atas informasi-informasi dimaksud dalam Angka 4 di atas dibutuhkan untuk tujuan penyediaan Layanan TOPAY melalui Platform Merchant. Dengan melakukan Penautan Akun berarti Anda telah sepenuhnya setuju untuk memberikan Kami izin dan wewenang untuk memperlihatkan dan mengirimkan informasi-informasi dimaksud kepada Merchant untuk tujuan tersebut.
-
Pengakhiran Penautan Akun:
- Anda dapat menghentikan Penautan Akun Anda setiap saat, dengan melakukan pengakhiran Penautan Akun atau unlinking, melalui pilihan yang tersedia pada Platform Merchant yang Anda gunakan.
- Dengan melakukan unlinking maka Penautan Akun akan diakhiri dan Layanan TOPAY yang tersedia pada Platform Merchant akan menjadi tidak dapat digunakan pada Platform Merchant tersebut sampai dengan Anda melakukan Penautan Akun kembali.
- Anda dapat mempelajari dan memahami tata cara Penautan Akun, pengakhiran Penautan Akun (unlinking), dan pemanfaatan Layanan TOPAY secara langsung pada Platform Merchant dimana layanan Penautan Akun, pengakhiran Penautan Akun, dan Layanan TOPAY tersedia.
-
Untuk kejelasan kata-kata berikut ini memiliki pengertian sebagai berikut:
- "Penyedia Produk Berlangganan" atau "Penyedia" adalah Merchant atau pihak ketiga yang menjual dan/atau menyediakan Produk Berlangganan.
- "Produk Berlangganan" adalah barang, jasa, dan/atau tagihan lainnya yang dibeli/dibayarkan secara berlangganan atau terus menerus selama jangka waktu tertentu atau selama Anda masih setuju untuk berlangganan barang dan/atau jasa atau pembayaran tagihan tersebut.
- "Transaksi Berulang (Recurring Transaction)" adalah transaksi pembayaran yang dilakukan secara otomatis dan berulang pada setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo yang telah disepakati oleh dan antara Anda dan Penyedia untuk tujuan pembayaran Produk Berlangganan atau pembayaran biaya-biaya lainnya yang telah disepakati oleh dan antara Anda dan Penyedia.
- Pembelian/pembayaran atas Produk Berlangganan menyebabkan Penyedia dapat mengenakan Anda dengan biaya-biaya atas penyediaan Produk Berlangganan yang wajib Anda bayarkan setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran yang Anda sepakati dengan Penyedia tersebut. Oleh karena itu, mohon untuk memperhatikan setiap pembelian/pembayaran yang Anda lakukan.
- Keberhasilan atas pelaksanaan pembelian/pembayaran atas Produk Berlangganan untuk pertama kalinya dalam satu proses transaksi pembayaran yang Kami proses ("Transaksi Pertama") akan menyebabkan Kami untuk melakukan pemrosesan Transaksi Berulang pada setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran yang Anda sepakati dengan Penyedia.
-
Transaksi Pertama untuk pembayaran/pembelian Produk Berlangganan dapat dilakukan setelah Anda melakukan Penautan Akun. Setelah Anda berhasil melakukan Transaksi Pertama maka untuk selanjutnya Kami akan secara otomatis
melakukan pemrosesan atas Transaksi Berulang pada setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran atas Produk Berlangganan. Dengan Anda memberikan konfirmasi dan otorisasi untuk pelaksanaan Transaksi
Pertama berarti Anda telah memberikan persetujuan:
- kepada Penyedia untuk pembayaran/pembelian Produk Berlangganan dan/atau biaya-biaya lainnya sebagaimana Anda sepakati dengan Penyedia tersebut yang mana pembayaran/pembelian tersebut akan dilakukan secara otomatis dan berulang pada setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran yang telah disepakati oleh Anda dan Penyedia; dan
- kepada TOPAY untuk memproses Transaksi Berulang dengan memotong/mendebet saldo TOPAY Anda secara otomatis untuk tujuan pembayaran-pembayaran yang dimaksud dalam huruf a di atas pada setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran yang telah disepakati oleh Anda dan Penyedia.
- Untuk kejelasan, pemotongan/pendebetan saldo TOPAY dalam Transaksi Berulang akan dilaksanakan secara otomatis tanpa proses konfirmasi dan otorisasi ulang dari Anda, mengingat konfirmasi dan otorisasi atas pelaksanaan Transaksi Berulang telah Anda berikan pada saat Anda melakukan Transaksi Pertama. Transaksi Pertama dan Transaksi Berulang hanya dapat diproses dengan menggunakan TOPAY, dan tidak bisa digantikan dengan penukaran TOPAY Points atau dikombinasikan dengan penukaran TOPAY Points.
-
Pengakhiran Penautan Akun:
- Apabila Anda mengakhiri Penautan Akun Anda maka Kami tidak akan dapat memproses Transaksi Berulang untuk tanggal jatuh tempo atau periode jatuh tempo pembayaran Produk Berlangganan dimana Anda belum kembali lagi melakukan Penautan Akun.
- Apabila Anda mengakhiri Penautan Akun pada Platform Merchant dimana Anda masih memiliki masa berlangganan yang masih aktif/valid maka terdapat kemungkinan bahwa Anda tidak akan dapat melakukan Penautan Akun kembali pada Platform Merchant sampai dengan tanggal jatuh tempo atau periode jatuh tempo pembayaran atas Produk Berlangganan tersebut terlampaui atau sampai dengan masa berlangganan Anda habis. Prosedur Penautan Akun kembali saat Anda masih memiliki masa berlangganan yang masih aktif/valid bergantung pada prosedur berlangganan yang diterapkan oleh Penyedia.
- Ketentuan dalam huruf a dan b di atas tidak berlaku, dalam hal Kami mengecualikan persyaratan untuk melakukan Penautan Akun untuk dapat melakukan Transaksi Pertama dan Transaksi Berulang dalam pembelian/pembayaran Produk Berlangganan tertentu.
-
Kecukupan Saldo TOPAY:
- Anda bertanggung jawab sendiri untuk memastikan bahwa saldo TOPAY Anda cukup untuk dipotong/didebet untuk tujuan pemrosesan Transaksi Pertama, dan pemrosesan Transaksi Berulang pada setiap tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran.
- Apabila pada tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran, Anda tidak memiliki saldo TOPAY yang cukup untuk pelaksanaan Transaksi Berulang maka Kami tidak akan dapat memproses Transaksi Berulang.
- Tidak diprosesnya Transaksi Berulang dapat menyebabkan berakhirnya atau tertundanya penyediaan Produk Berlangganan dari Penyedia kepada Anda.
-
Pengakhiran Langganan:
- Pengakhiran langganan atas Produk Berlangganan dapat Anda ajukan kepada Penyedia.
- Pengakhiran langganan sepenuhnya bergantung pada kesepakatan antara Anda dengan Penyedia dan pelaksanaannya tunduk pada kesepakatan tersebut.
- Apabila Anda mengakhiri kesepakatan berlangganan Anda dengan Penyedia maka Kami akan berhenti memproses Transaksi Berulang untuk tanggal jatuh tempo dan periode jatuh tempo berikutnya setelah Kami mendapatkan konfirmasi dari Penyedia mengenai pengakhiran berlangganan tersebut.
-
Kami akan berhenti memproses Transaksi Berulang, apabila salah satu atau lebih kondisi berikut ini terjadi:
- Penautan Akun Anda berakhir.
- Kami tidak lagi mendapatkan instruksi untuk melakukan pemotongan/pendebetan dari Penyedia.
- Kami mendapatkan konfirmasi dari Penyedia bahwa langganan Anda atas Produk Berlangganan telah berakhir atau dihentikan.
- Penyedia menahan atau menghentikan langganan Anda.
- Anda tidak memiliki saldo TOPAY yang cukup untuk dipotong/didebit untuk Transaksi Berulang pada tanggal jatuh tempo atau dalam periode jatuh tempo pembayaran atas Produk Berlangganan. Atas penghentian pemrosesan Transaksi Berulang karena alasan ini, pemrosesan Transaksi Berulang mungkin dapat dilanjutkan apabila Anda kembali memiliki saldo TOPAY yang cukup untuk dipotong/didebet dan sepanjang salah satu atau lebih dari kondisi dalam huruf a-d di atas tidak terjadi.
-
Anda dengan ini mengerti dan memahami bahwa dalam pembelian/pembayaran Produk Berlangganan, Kami hanya bertindak sebagai penyedia jasa pembayaran yang bertanggung jawab dalam pemrosesan Transaksi Pertama dan Transaksi Berulang
berdasarkan konfirmasi dan otorisasi dari Anda pada Transaksi Pertama. Kesepakatan antara Anda dengan Penyedia terkait dengan pembelian/pembayaran dan penyediaan Produk Berlangganan merupakan sepenuhnya tanggung jawab Anda dan
Penyedia. Sehubungan dengan hal ini dan untuk menghindari kesalahpahaman dalam pelaksanaan Transaksi Berulang, Kami sangat menghimbau Anda untuk mencermati, mempelajari, dan memahami:
- biaya-biaya yang akan dibebankan kepada Anda oleh Penyedia dalam rangka pembelian/pembayaran Produk Berlangganan;
- tanggal jatuh tempo dan periode jatuh tempo pembayaran atas biaya-biaya tersebut yang diterapkan oleh Penyedia;
- syarat dan ketentuan yang mengikat Anda dengan Penyedia;
- ketentuan mengenai pengakhiran berlangganan yang diterapkan oleh Penyedia; dan
- persetujuan-persetujuan yang Anda berikan dalam pembelian/pembayaran Produk Berlangganan.
- Kami dapat mengecualikan persyaratan untuk melakukan Penautan Akun untuk dapat melakukan Transaksi Pertama dan Transaksi Berulang dalam pembelian/pembayaran Produk Berlangganan tertentu. Dalam hal Kami mengecualikan persyaratan Penautan Akun untuk pelaksanaan Transaksi Pertama dan Transaksi Berulang maka seluruh ketentuan-ketentuan dalam BAB ini yang mengatur mengenai Penautan Akun akan menjadi tidak berlaku.
- Perlu Anda ketahui beberapa jenis Layanan TOPAY dapat diakses melalui layanan pembayaran yang disediakan pihak ketiga yang merupakan penyedia layanan penunjang pembayaran ataupun penyedia jasa pembayaran lainnya ("Layanan Pembayaran").
- Dalam hal Anda mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran dari pihak ketiga Anda mungkin akan diminta untuk memberikan persetujuan Anda terhadap syarat dan ketentuan terkait dengan Layanan Pembayaran yang disediakan oleh pihak ketiga tersebut sebelum atau pada saat Anda mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran dari pihak ketiga tersebut.
- Dalam hal Anda mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran dari pihak ketiga, Kami mungkin harus mengungkapkan dan mengirimkan data dan informasi terkait pemanfaatan Layanan TOPAY Anda yaitu; nomor ponsel akun Pengguna TOPAY Anda, saldo TOPAY, saldo TOPAY Points, data transaksi pembayaran TOPAY atau data penukaran TOPAY Points Anda, dan/atau data-data lainnya sebagaimana relevan terkait dengan pemanfaatan Layanan TOPAY Anda, kepada pihak ketiga dimaksud untuk tujuan penyediaan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran dari pihak ketiga tersebut.
- Anda dengan ini mengerti dan memahami bahwa dengan Anda mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran dari pihak ketiga berarti Anda telah memberikan persetujuan Anda kepada Kami untuk mengungkapkan dan mengirimkan data dan informasi sebagaimana disebutkan dalam Angka 3 di atas kepada pihak ketiga dimaksud untuk tujuan penyediaan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran dari pihak ketiga tersebut.
- Mohon untuk berhati-hati dalam menggunakan Layanan Pembayaran dari pihak ketiga. Pastikan bahwa Layanan Pembayaran yang Anda gunakan disediakan oleh pihak ketiga yang merupakan mitra resmi Kami. Anda dapat menanyakan perihal ini ke Layanan Bantuan Pengguna. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas seluruh konsekuensi yang timbul dari penggunaan Layanan TOPAY melalui Layanan Pembayaran yang tidak disediakan oleh mitra resmi Kami.
- Dengan mengunduh dan menggunakan Aplikasi TOPAY, Anda dianggap telah mengerti dan memahami seluruh risiko-risiko keamanan dalam penggunaan Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Produk Lainnya, yaitu; pencurian saldo, pengambilalihan akun, peretasan, penipuan, atau tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran hukum yang dapat merugikan Anda. Berkaitan dengan risiko tersebut Kami sangat menghimbau Anda untuk selalu menerapkan Prinsip Kehati-hatian.
-
Prinsip Kehati-hatian dapat diterapkan dan dilaksanakan dengan cara-cara berikut:
- Tidak menyerahkan, mengungkapkan, dan/atau mengirimkan kode OTP dan/atau Security Code Anda kepada pihak manapun. Mohon diingat bahwa Kami, petugas resmi, dan afiliasi Kami tidak pernah dan tidak akan pernah meminta Anda untuk mengungkapkan dan menyerahkan kode OTP dan/atau Security Code kepada Anda.
- Tidak merespon segala bentuk kontak, baik panggilan telepon, email, atau tautan, yang mencurigakan dan mengklaim berasal dari Kami. Mohon untuk mengecek kebenaran dari kontak-kontak yang menghubungi Anda yang mengklaim berasal dari Kami, kepada Layanan Bantuan Pengguna.
- Selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan Security Code Anda, perangkat elektronik Anda, dan data dan informasi Anda, terutama yang berkaitan dengan data pribadi Anda.
- Tidak menggunakan perangkat lunak atau program apapun pada perangkat elektronik Anda yang dapat membahayakan keamanan dan kerahasiaan data dan informasi Anda.
- Tidak mengakses akun dan Aplikasi TOPAY dari perangkat elektronik yang tidak dimiliki atau dikuasai oleh Anda.
- Selalu menghilangkan jejak atas akses akun Anda pada perangkat elektronik yang tidak lagi Anda gunakan.
- Selalu menjaga keamanan perangkat elektronik yang digunakan untuk mengakses akun Anda agar tidak hilang atau jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab.
- Segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna, jika Anda mengalami kehilangan atas perangkat elektronik yang digunakan untuk mengakses akun Anda.
- Segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna, jika Anda menemukan adanya indikasi atas akses yang tidak sah atas akun Anda.
- Segera dan hanya menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk meminta bantuan apapun terkait Aplikasi TOPAY atau Layanan TOPAY.
- Selalu melakukan update perangkat lunak Aplikasi TOPAY, jika terdapat permintaan update dari Aplikasi TOPAY.
- Melakukan pengecekan secara berkala atas informasi dan pemberitahuan yang disediakan melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
- Selalu memeriksa kebenaran atas setiap pihak-pihak yang mengaku bertindak untuk dan atas nama Kami (PT. Genezis Mitra Technology) dan/atau afiliasi Kami. Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk memeriksa hal yang dimaksud dalam ketentuan ini.
- Selalu memeriksa kebenaran atas setiap platform, website, aplikasi yang meng-klaim merupakan kanal elektronik resmi Kami. Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk memeriksa hal yang dimaksud dalam ketentuan ini.
- Tidak mengungkapkan informasi-informasi yang hanya boleh diketahui oleh Anda kepada pihak manapun, yaitu; data pribadi, data transaksi, kode OTP dan Security Code Anda.
- Tidak mengunduh atau menggunakan program-program ataupun menggunakan perangkat elektronik yang mengandung malware, spyware, virus, dan program-program lainnya yang dapat membahayakan keamanan dan kerahasiaan data dan informasi Anda, ataupun akun Anda.
- Selalu mengganti Security Code Anda secara berkala dan teratur untuk menghindari risiko-risiko yang berhubungan dengan akses tidak sah.
- Segera mengganti Security Code Anda, jika Security Code tersebut diketahui oleh atau Anda menduga bahwa Security Code tersebut diketahui oleh pihak yang tidak berwenang.
- Selalu memperhatikan situasi di sekitar Anda saat Anda mengakses akun Anda atau memasukan kode OTP dan/atau Security Code dan menghindari lingkungan yang mencurigakan pada saat Anda mengakses akun Anda atau memasukan kode OTP dan/atau Security Code.
- Tidak membiarkan pihak manapun untuk mengakses/menggunakan perangkat elektronik Anda atau menggunakan akun atau Aplikasi TOPAY Anda.
- Hanya menggunakan kanal-kanal resmi Kami dalam mengakses dan menggunakan Layanan TOPAY atau Penautan Akun. Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai kanal-kanal resmi Kami.
- Hindari menggunakan jaringan wifi publik atau wifi pada tempat umum untuk mengakses atau menggunakan akun Anda dan TOPAY App.
- Selalu melakukan tindakan-tindakan yang sewajarnya dilakukan untuk mencegah risiko-risiko yang dapat merugikan Anda.
-
Risiko Pengambilalihan Akun:
- Perlu diketahui bahwa setiap akses ke akun Anda dan Aplikasi TOPAY dan/atau pemanfaatan Layanan TOPAY dan/atau layanan-layanan yang tersedia melalui Aplikasi TOPAY, yang dilakukan dengan memasukan nomor ponsel, kode OTP dan/atau Security Code yang benar, akan diakui dan dianggap pada sistem keamanan Kami sebagai akses dan pemanfaatan yang diri Anda lakukan sendiri.
- Anda dengan ini memahami bahwa Kami tidak dapat mengetahui secara pasti pihak-pihak yang mengakses akun Anda sepanjang nomor ponsel, kode OTP, dan/atau Security Code yang dimasukan pada Aplikasi TOPAY adalah benar (otentikasi valid), Oleh karena itu, Kami kembali lagi menghimbau Anda untuk selalu menerapkan dan melaksanakan Prinsip Kehati-hatian dan menjaga keamanan dan kerahasiaan kode OTP dan Security Code Anda untuk menghindari risiko pengambilalihan akun, dan tidak membiarkan pihak manapun untuk menggunakan perangkat elektronik, akun Anda, dan Aplikasi TOPAY Anda.
- Dalam hal Anda menyadari telah terjadi pengambilalihan atas akun Anda atau Anda mencurigai terjadinya pengambilalihan atas akun Anda, Anda harus dengan segera menghubungi Layanan Bantuan Pengguna, untuk meminta pemblokiran sementara atas akun Anda untuk mencegah terjadinya risiko-risiko yang dapat merugikan Anda.
- Anda dengan ini sepakat dan memahami bahwa Anda tidak dapat mengajukan klaim ganti rugi kepada Kami atas kerugian yang Anda alami dari pengambilalihan akun atas akun Anda.
-
Kami berhak untuk menghentikan penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY, secara sebagian atau secara keseluruhan dan untuk jangka waktu tertentu atau secara permanen, karena terjadinya salah satu atau lebih dari
ketentuan-ketentuan berikut ini:
- Terjadi Pemblokiran atau Penutupan akun.
- Terjadi pelanggaran atas salah satu atau lebih ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini, baik yang Anda lakukan atau yang terjadi dari akun Anda.
- Terjadi kerusakan, gangguan, dan/atau peretasan, pada sistem operasi Kami yang menyebabkan Kami harus menghentikan penyediaan Layanan TOPAY.
- Terdapat indikasi atas terjadinya suatu transaksi atau aktivitas yang mencurigakan yang patut diduga merupakan suatu tindakan pencucian uang, pendanaan kegiatan terorisme, atau tindakan pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang dapat merugikan Kami, Pengguna TOPAY lainnya, diri Anda sendiri, dan/atau pihak lain manapun.
- Kami mendapatkan perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang untuk menghentikan sebagian atau seluruh aktivitas penyelenggaraan uang elektronik Kami dan/atau Aplikasi TOPAY yang mengakibatkan Kami tidak dapat menyediakan Aplikasi TOPAY atau Layanan TOPAY, baik sebagian atau secara keseluruhan.
- Anda berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga dapat menyebabkan sebagian atau seluruh Aplikasi TOPAY atau Layanan TOPAY menjadi tidak dapat disediakan.
- Terjadinya suatu Keadaan Kahar yang menyebabkan Kami tidak dapat menyediakan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY, baik sebagian atau secara keseluruhan.
-
Ketentuan Penghentian:
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Pemblokiran akun akan berakhir setelah akun diaktifkan kembali.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Penutupan akun merupakan penghentian yang dilaksanakan secara permanen.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dapat dilaksanakan untuk jangka waktu tertentu ataupun secara permanen bergantung pada tingkat keparahan atas pelanggaran yang dilakukan dan dampak yang timbul akibat dari pelanggaran tersebut.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Angka 1 huruf c pada BAB ini akan berakhir setelah Kami berhasil memperbaiki kerusakan, gangguan, dan/atau peretasan yang dimaksud dalam Angka 1 huruf c pada BAB ini.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Angka 1 huruf d pada BAB ini akan berakhir, jika indikasi/dugaan yang dimaksud tidak terbukti.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Angka 1 huruf d pada BAB ini akan dilaksanakan secara permanen, jika indikasi/dugaan yang dimaksud terbukti berdasarkan hasil investigasi Kami atau hasil investigasi otoritas yang berwenang.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Angka 1 huruf e pada BAB ini akan berakhir, jika Kami kembali diperbolehkan untuk melaksanakan kembali aktivitas penyelenggaraan uang elektronik Kami atau Aplikasi TOPAY oleh otoritas atau instansi yang berwenang, terutama yang terkait dengan penyediaan Layanan TOPAY.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Angka 1 huruf f pada BAB ini akan berakhir setelah Anda kembali ke Indonesia. Perlu diketahui bahwa kemungkinan sebagian atau seluruh Aplikasi TOPAY atau Layanan TOPAY akan menjadi tidak dapat digunakan di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan Angka 1 huruf g pada BAB ini akan berakhir setelah Kami berhasil memulihkan dampak Keadaan Kahar yang menyebabkan Kami tidak dapat menyediakan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY.
- Dalam hal terjadi penghentian penyediaan layanan yang dimaksud dalam BAB ini maka Kami akan menginformasikan Anda mengenai penghentian tersebut melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
- Khusus, untuk penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan yang dimaksud dalam Angka 1 huruf f, Aplikasi TOPAY Anda akan secara otomatis tidak berfungsi, baik sebagian atau seluruhnya, pada saat Anda berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penghentian penyediaan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY karena alasan yang dimaksud dalam Angka 1 huruf f dikecualikan dari ketentuan pemberian informasi sebagaimana dimaksud dalam Angka 3 di atas.
- Dalam hal terjadi penghentian penyediaan layanan yang dimaksud dalam BAB ini, Anda dapat menghubungi Layanan Bantuan Pengguna untuk memperoleh informasi lebih lanjut mengenai penghentian penyediaan layanan yang Anda alami.
- Kecuali dinyatakan lain secara tegas oleh Kami; Aplikasi TOPAY, sistem pendukungnya, sistem pengoperasian, layout, desain, tampilan dan perjalanan antar-muka, logo, gambar, nama, merek, dan seluruh bagian lainnya dari Aplikasi TOPAY merupakan hak kekayaan intelektual Kami.
- Anda dilarang untuk menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, membongkar, meretas dan mengeksploitasi Aplikasi TOPAY, bagian daripadanya, dan hak kekayaan intelektual yang terkandung di dalamnya.
- "Keadaan Kahar" adalah keadaan atau kondisi yang terjadi di luar kemampuan pihak yang mengalaminya untuk mencegahnya dan tidak dapat dihindarkan oleh pihak yang mengalaminya, sehingga menyebabkan pihak yang mengalaminya tidak dapat melaksanakan seluruh atau sebagian kegiatannya yang berpengaruh terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban dari pihak yang mengalaminya. Kejadian-kejadian yang termasuk ke dalam Keadaan Kahar, yaitu; bencana alam, kebakaran, banjir, kondisi perang, baik yang dinyatakan atau tidak, sabotase, pemogokan, demonstrasi, kerusuhan sosial, epidemi atau pandemi, diundangkannya suatu peraturan perundang-undangan, atau kondisi atau kejadian yang secara wajar tidak dapat dicegah oleh kemampuan pihak yang mengalaminya, yang menyebabkan pihak yang mengalaminya tidak dapat melaksanakan hak dan kewajiban yang timbul dari Syarat dan Ketentuan ini.
- Anda dengan ini sepakat bahwa kegagalan atau keterlambatan Kami dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dan/atau tanggung jawab Kami yang disebabkan oleh terjadinya suatu Keadaan Kahar tidak dapat dianggap sebagai suatu kejadian kelalaian atau wanprestasi.
- Anda dengan ini sepakat untuk tidak akan mengajukan gugatan, tuntutan, klaim dan/atau meminta ganti kerugian atas keterlambatan atau kegagalan Kami dalam melaksanakan dan memenuhi kewajiban-kewajiban Kami yang disebabkan oleh suatu Keadaan Kahar.
- Seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Anda dengan ini sepakat bahwa seluruh perselisihan yang timbul dari Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai suatu kemufakatan.
- Anda dan Kami, secara sendiri-sendiri, juga berhak untuk mengajukan penyelesaian atas perselisihan ke pengadilan negeri Jakarta Selatan dan Bank Indonesia.
-
Seluruh ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini mulai berlaku sejak Anda melakukan pendaftaran untuk menjadi Pengguna TOPAY dan akan tetap berlaku:
- selama Anda mengakses dan menggunakan Aplikasi TOPAY dan/atau Layanan TOPAY; dan/atau
- selama Anda masih terdaftar sebagai Pengguna TOPAY atau Anda masih memiliki akun Pengguna TOPAY yang belum dinonaktifkan secara permanen (ditutup secara permanen).
- Anda dengan ini sepakat untuk mengesampingkan ketentuan dalam Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang mengenai dibutuhkannya suatu putusan atau penetapan pengadilan untuk mengakhiri suatu perjanjian. Sehingga pengakhiran hubungan hukum antara Anda dan Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dapat berakhir atau diakhiri tanpa memerlukan suatu putusan atau penetapan dari pengadilan.
-
Seluruh permintaan informasi, permintaan layanan, pengaduan dan klaim terkait dengan akun Anda, Aplikasi TOPAY, Layanan TOPAY, dan Syarat dan Ketentuan ini wajib disampaikan hanya melalui Layanan Bantuan Pengguna. Layanan
Bantuan Pengguna dapat dihubungi melalui kontak-kontak resmi Kami sebagai berikut:
- telepon ke nomor 021-5011-2225
- email ke alamat email [email protected] atau
- pusat bantuan yang tersedia pada Aplikasi TOPAY.
- Untuk pertanyaan dan pengaduan yang tidak bersifat privat, Anda juga dapat menyampaikan-nya melalui sosial media resmi Kami yang dapat Anda tanyakan pada kontak-kontak yang disebutkan Kami sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 huruf a atau b di atas.
- Anda dapat menanyakan mitra-mitra dan kanal-kanal layanan resmi Kami; kanal pendaftaran, kanal upgrade, mitra dan kanal top-up, dan mitra dan kanal tarik tunai resmi Kami melalui Layanan Bantuan Pengguna sebagaimana dimaksud dalam BAB ini.
- Kami dapat meninjau dan mengubah Syarat dan Ketentuan ini atas pertimbangan Kami untuk memastikan bahwa ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau jika terdapat perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang atau peraturan perundang-undangan yang berlaku yang memerintahkan atau mewajibkan Kami untuk mengubah ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Kami akan menginformasikan Anda mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 di atas melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku secara efektif, dan perubahan dimaksud akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia khususnya mengenai perlindungan konsumen sebagaimana relevan.
- Anda bertanggung jawab sendiri untuk selalu dan secara rutin memeriksa, membaca, dan mempelajari informasi-informasi yang Kami sampaikan kepada Anda, baik melalui Aplikasi TOPAY, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
I. KOREKSI
J. KEWAJIBAN, LARANGAN, DAN PELANGGARAN
K. PERNYATAAN DAN JAMINAN
L. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
M. SANGKALAN
N. PENAUTAN AKUN
O. TRANSAKSI BERULAN (RECURRING TRANSACTIONS)
P. LAYANAN PEMBAYARAN
Q. RISIKO PENGGUNAAN
R. PENGHENTIAN LAYANAN
S. HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
T. KEADAAN KAHAR
U. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
V. MASA BERLAKU
W. LAYANAN BANTUAN PENGGUNA
X. PERUBAHAN
Y. KEBATALAN
Kebatalan atau ketidakberlakuan atas suatu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini karena diberlakukannya suatu peraturan perundang-undangan atau alasan lainnya tidak akan secara otomatis membatalkan keberlakuan atas ketentuan-ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini. Dalam hal terdapat suatu peraturan perundang-undangan yang menjadikan salah satu ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi batal atau tidak dapat diterapkan maka Anda dan Kami sepakat untuk menganggap bahwa ketentuan tersebut secara otomatis telah disesuaikan dengan ketentuan dari peraturan perundang-undangan tersebut.
AA. BAHASA
Jika Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maka versi Bahasa Inggris hanya akan berlaku sebagai terjemahan dari versi Bahasa Indonesia untuk memudahkan pemahaman Syarat dan Ketentuan ini bagi pihak manapun yang membutuhkannya. Jika terdapat perbedaan antara kedua versi maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan versi Bahasa Inggris akan dianggap telah disesuaikan dengan versi Bahasa Indonesia secara otomatis.
BB. TANGGAL BERLAKU
Ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan versi yang Kami berlakukan secara efektif sejak tanggal 1 Januari 2025.
Jika Anda memiliki pertanyaan terkait Syarat dan Ketentuan ini, silakan hubungi kami melalui [email protected].